Kamis, 25 September 2014

kemilau Danau 3 warna di puncak Gunung Kelimutu

sahabat traveller, jika kalian datang dan berkunjung ke Pulau Flores, rasanya tidak lengkap kalau belum mampir ke Gunung Kelimutu yang sangat tersohor dengan Danau 3 warna nya.

Danau yang berada di ketinggian lebih dari 1600 meter diatas permukaan laut ini, mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing dan domestik. terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk melihat lebih dekat keindahannya, yang pernah terlukis di pecahan Rupiah dan disalah satu Kartu Pos Indonesia serta Kartu Pos di Negeri Sakura.



di salah satu pecahan Rupiah



di salah satu Kartu Pos



* menuju Gunung Kelimutu :

jika sahabat traveller dari luar Pulau Flores, tujuan awalnya disarankan lewat Kota Ende, karena lebih dekat. apalagi sekarang telah ada beberapa Maskapai penerbangan seperti Wings Air, Merpati dan Trans Nusa, yang melayani rute Kupang-Ende atau Denpasar-Ende secara langsung tiap harinya.

dari Kota Ende disarankan menggunakan mobil sewaan. karena jalur dari pintu masuk ke puncak tidak tersedia angkutan umum.
jarak tempuh dari Kota Ende - Pintu Masuk berkisar 50 kilometer ke arah timur. melintasi area pegunungan, lembah, ngarai dan ladang persawahan.
dibutuhkan waktu hampir 1 jam sebelum mencapai pintu masuk.



Gerbang masuk ke Gunung Kelimutu


jalan yang kita lewati merupakan trans antar Kota Kabupaten di Pulau Flores ke arah timur, dengan Kota tujuan Ma'umere dan Larantuka.

gerbang masuk ke Gunung kelimutu berada persis disebelah kanan jalan ini. ditandai adanya sebuah Gapura dengan tulisan :
" SELAMAT DATANG DI TAMAN NASIONAL KELIMUTU ".

dari sini perjalanan menuju puncak tinggal 13 kilometer lagi. dengan melewati jalan berkelok dan terus menanjak.
ditengah perjalanan, kita akan menemukan lagi sebuah Pos pemeriksaan.
" POS MANUKAKO ". tempat membeli karcis tanda masuk ke Gunung Kelimutu.
tak lama berselang, kita akan sampai disebuah tempat parkiran kendaraan yang cukup luas. jika musim liburan, disini banyak terlihat para pedagang yang menjual minuman dan makanan ringan.



jalan setapak menuju puncak


dari sini kita mulai dengan melangkah. dengan jarak tempuh 2,5 kilometer menuju menara pandang. siapkan segera baju hangat yang tebal, karena kita akan ditemani suhu yang cukup dingin khas daerah pegunungan.

trek awal kita akan melintasi jalan setapak berupa anak-anak tangga yang landai dari beton yang cukup rapih, sementara di kiri-kanan jalan rimbun pepohonan seakan menyertai perjalanan. nun dikejauan terdengar alunan lembut pohon-pohon pinus yang dihempas sang lembayun dengan merdunya.



jalur menuju puncak


selama perjalanan menuju puncak, kita pasti akan melihat bahkan berpapasan dengan hewan penghuni Gunung Kelimutu.
biasanya para pengunjung memberikan makanan, berupa kacang tanah atau remahan roti. hewan ini sangat jinak dan bersahabat.



Burung penghuni Gunung Kelimutu




Monyet penghuni Gunung Kelimutu


lepas dari hutan kecil ini, pemandangan sudah mulai terbuka. didepan mulai nampak permukaan kawah dengan batu cadasnya yang sangat mempesona.
jalan setapaknya mulai menanjak, dan di kiri-kananya terdapat pagar pembatas dari besi untuk mencegah pengunjung terjatuh ke dasar jurang.



menuju Menara Pandang



dari sini sudah mulai terlihat 2 dari 3 Danaunya. sementara dititik tertingginya nampak Tugu yang merupakan Menara Pandang di puncak Gunung Kelimutu atau menurut penduduk setempat disebut ;
" HUBU HEDA".



Menara Pandang. "HUBU HEDA".


berdiri ditempat ini, kita akan melihat secara keseluruhan dari ke-3 Danau tersebut.
pemandangan alam disekitarnya sangat mempesona. dikejauhan terlihat Gunung Kelindota, berdiri dengan anggunnya di sisi sebelah timur. sementara gugusan perbukitan membentang mengelilingi sisi lain dari Gunung ini. sebuah Maha Karya Sang Pencipta yang begitu indahnya.



1. Tiwu Ata Bupu
( tempat arwah orang-orang tua )

2. Tiwu Ko'o Fai Nuwa Muri
( tempat arwah Muda-Mudi )


 ke-2 Danau ini letaknya berdekatan. dan hanya dipisahkan oleh tebing yang pendek.


3. Tiwu Ata Polo
( tempat arwah roh-roh jahat )


sementara ada 1 Danau lagi yang letaknya agak terpisah, berada disebelah kanan menara pandang.

menurut kepercayaan penduduk setempat, Gunung Kelimutu merupakan tempat yang sangat sakral. karena disini adalah tempat bersemayangnya roh-roh orang yang telah meninggal dunia.
sangat disarankan jangan sampai menjelang magrib, ketika kita berada di Gunung Kelimutu.


Berikut adalah foto-foto panorama keindahan Danau 3 warna di Gunung Kelimutu :


foto dari udara



foto dari menara pandang



sangat mempesona



bagaimana sahabat traveller, indah bukan ?
persiapkan diri anda untuk menjelajahi Pulau Flores, dengan Danau 3 warna nya di puncak Gunung Kelimutu.

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

# Note :

waktu yang baik bulan April - September. bertepatan dengan musim kemarau.

sangat disarankan kita sampai di puncak atau di menara pandang saat subuh. sembari menanti detik-detik terbitnya sang mentari dari ufuk timur.

untuk penginapan, di dekat gerbang masuk banyak tersedia penginapan. dari kelas koper, sampai kelas ransel.

penduduk disini sangat ramah. jika kita ingin hemat biaya perjalanan, rumah-rumah penduduk bisa dijadikan tempat menumpang sementara.



Tidak ada komentar: