Selasa, 09 September 2014

bersama sahabat menggapai Gunung Lawu

rona nan memerah di ufuk timur cakrawala, mengantarkanku ke cemoro kandang. salah satu basecamp pendakian Gunung Lawu. pagi yang dingin, sendiri, sembari menanti kedatangan para sahabat dari Jakarta, Pati dan Madiun. kami berencana melakukan pendakian bersama di salah satu Gunung di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.
rencana awal kami akan mengawali pendakian dari basecamp ini, namun dengan beberapa pertimbangan, kami memutuskan pendakian dimulai dari basecamp Cemoro Sewu saja.
karena jarak antar kedua basecamp hanya 500 meter, saya memutuskan berjalan kaki saja. pemanasan, hehehehe.

Foto bersama sebelum pendakian

dengan diawali doa, dan tepat pukul 8 pagi kami memulai pendakian ini. jalur awal berupa jalan setapak yang cukup rapi dengan medan yang masih landai.
perjalanan dari basecamp menuju pos 1 waktu tempuhnya 60 - 90 menit. dan kita masih melewati ladang para penduduk di kiri kanan jalan. sebelum sampai di pos 1 kita akan menemukan 2 pos bayangan.
sampai di pos 1 kami pun istirahat sejebak, sembari memulihkan stamina. canda gurau mewarnai perjalanan kami ini. karena beberapa diantara kami sudah pernah melakukan pendakian bersama sebelumnya.

jalur menuju Pos 1

perjalanan dilanjutkan menuju pos 2. inilah track terpanjang di jalur cemoro sewu. dengan waktu tempuh 90 - 120 menit, jalur nya mulai menanjak dan sedikit saja yang landai. jalan setapak ini berupa batuan yang disusun sedemikian rupa, sehingga cukup bagus untuk dilewati.

wanita-wanita perkasa

perjalanan melelahkan hampir 2 jam ini mengantar kami sampai di pos 2. pos ini berupa bangunan beton dan beratap seng yang cukup kokoh. sempat istirahat lama disini, sambil menunggu teman-teman lain yang masih di belakang kami.

istirahat di Pos 2

sambil makan hehehe

menuju pos 3 jalur semakin menanjak. jarak tempuh 60 - 90 menit. di pos ini bentuk bangunannya sama seperti di 2 pos sebelumnya. sebaiknya jangan lama-lama berada disini, karena bau belerang sangat terasa dari kawah Condrodimuko, yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat ini.

setelah istirahat sejenak, kami melanjutkan perjalanan menuju pos 3. inilah jalur terberat di pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. jarak tempuh 90 - 120 menit, dengan medan yang semakin curam. di kiri kanan jalan terdapat beberapa pagar beton, bisa digunakan sebagai pegangan. entah berapa kali kami berhenti ketika melewati jalur ini. capek sangat terasa, apalagi dengan beratnya beban di pundak.
tak lama kemudian, sampailah kami di pos 4. dengan pemandangan yang sudah mulai terbuka, dari sini kita bisa lihat Telaga Sarangan yang mempesona. nun jauh dibawah sana, terbentang ladang para penduduk yang bentuknya berundak. sungguh indah panorama alam disini.

dari pos 4 ke pos 5, jalur pendakian masih menanjak. dengan waktu tempuh 30 - 45 menit.
disini kita sudah bisa melihat anggunya Bunga Edelweis yang tumbuh liar mengitari tebing-tebing nan elok.

Bunga Edelweis di Pos 4

tak lama istirahat di pos 5, kami melanjutkan perjalanan menuju Sendang Drajat. rencananya sekalian mendirikan tenda disini.
setelah berkumpul semuanya. kami pun mulai mendirikan tenda dan memasak untuk makan malam. karena hari sudah semakin sore, lagipula cuaca yang mulai terasa dingi menusuk kulit.

Tenda kami di Sendang Drajat

dan malampun kian merangkak, satu persatu kami masuk ke dalam tenda untuk segera istirahat. setelah seharian berpacu dengan terjalnya jalur cemoro sewu.

pagi nan dingin pun tak menyurutkan niat kami untuk segera bangun, dan keluar dari tenda. setelah mempersiapkan beberapa perbekalan untuk menuju ke puncak, kami pun berangkat di tengah gelapnya jalur temouh ke puncak Hargo Dumilah. jarak tempuh dari sendang drajat ke puncak 30 - 45 menit, dengan medan yang cukup terjal dan dihiasi pohon cantigi yang dengan setia mengiringi perjalanan.

Sunrise dari Puncak Lawu

Puncak Lawu

bersama sahabat

pukul 8 pagi kami kembali turun menuju sendang drajat. setelah selesai makan pagi dan packing kembali peralatan, kami memutuskan untuk turun melalui jalur cemoro kandang. jalur lain di pendakian Gunung Lawu.
jalur ini lebih landai dari jalur sebelumnya. dengan medan yang cukup landai dan berkelok. dan pastinya jarak tempuhnya yang cukup jauh, karena kita akan melipir di sisi-sisi bukit yang berjejer.

jalan pulang (istirahat sejenak)

turun menuju pos 4 jalurnya cukup terjal, dengan banyaknya batuan lepas ditengah jalan. disarankan selalu hati-hati ketika melintas disini.waktu tempuh pos 5 ke pos 4 jalur cemoro kandang, 30 - 45 menit.
sampai di pos 4 pemandangannya semakin terbuka. inilah jalur pendakian terindah di pendakian Gunung Lawu. tak ingin melewati momment yang ada, kami pun berfoto ria di tempat ini.

puas foto-foto, kami kembali melanjutkan perjalanan menuju pos 3. dengan jarak tempuh hampir 1 jam, melewati jalanan berkelok yang cukup banyak. dan sempat juga bertemu dengan pendaki lain yang mau naik ke puncak.
sebelum tiba di pos 3, disebelah kiri kita akan menjumpai sebuah mata air "Sendang Panguripan". lumayan buat mengisi kembali botol-botol air yang kosong. airnya cukup dingin, khas daerah pegunungan.

setelah istirahat beberapa saat di pos 3, perjalanan dilanjutkan menuju ke pos 2. jarak tempuh menuju pos 2 cukup jauh, waktu tempuh nyaris 2 jam, dan sempat istirahat lagi di pos bayangan.

dari pos 2 ke pos 1 jalur yang dilewati cukup sulit. kita harus merunduk sembari berpegangan di akar-akar pohon yang berada di kiri kanan jalan berupa jalur air yang sempit. pas dengan ukuran tubuh orang dewasa.
kira-kira 25 menit setelah berhenti sebentar di pos 2, kami memutusan melanjutkan perjalanan menuju pos 1 dan basecamp cemoro kandang.

tepat pukul 5 sore, kami pun tiba dengan selamat di basecamp. puji syukur kami ucapkan, pendakian ini kami lalui dengan aman. tawa dan canda ria kembali menghiasi kami semuanya.