Jumat, 03 Oktober 2014

Tips Solo Traveling






Jadi solo traveler? Siapa takut! Kenapa harus menunggu bareng teman-teman kalau jadwalnya tidak sama? Yang ada malah tidak jadi traveling. Bahkan beberapa orang lebih nyaman solo traveling ketimbang harus bareng dengan teman atau menggunakan jasa travel agent. Alasan orang ber-solo traveling biasanya sangat sederhana, yakni merasa bebas dan menikmati waktu. Namun ada pula yang harus diperhatikan.

Berikut tips bagaimana agar solo traveling menjadi nyaman, aman, dan pastinya jadi pengalaman yang tak terlupakan!

1. Cari Informasi
Sebelum traveling, ada baiknya jika mencari informasi tentang destinasi wisata yang akan kunjungi. Banyak media online yang memberikan informasi tentang berbagai macam destinasi wisata baik di Indonesia maupun di luar negeri. Review tempat wisata, atraksi, budaya, kuliner, hingga biaya yang harus dikeluarkan.

2. Biaya Perjalanan
Setelah mendapatkan informasi, sesuaikan lah biaya perjalanan  sesuai budget dan kemampuan. Sebaiknya jangan melebihi budget. Bandingkan transportasi dan akomodasi untuk mendapatkan harga yang lebih murah namun tetap nyaman.

3. Itinerary
Buat daftar destinasi  yang akan dikunjungi, lengkap dengan jam, rute, kegiatan dan alat transportasi yang harus digunakan. Meskipun solo traveler, dengan adanya jadwal kunjungan, liburan akan lebih efektif dan efisien dan terhindar dari waktu terbuang percuma.

4. Tiket Promo
Hotel dan pesawat biasanya selalu memberikan harga promo pada saat-saat tertentu. Manfaatkanlah untuk menekan budget. Untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat, sebaiknya berlangganan situs booking hotel dan booking tiket pesawat online.

5. Cari Teman
Solo travel membuat seseorang leluasa mencari teman baru. Jika bertemu tarveler lain yang juga sendirian, berkenalanlah. Kita bisa melanjutkan perjalanan bersamanya bila cocok. Tapi jika tidak, itu tidak masalah karena kita bisa tinggalkan ia kapan pun.

7. Senyum
Senjata ketika melakukan perjalanan sendirian. Saat membutuhkan bantuan dari warga sekitar, tunjukkan sikap ramah dengan senyuman.

8. Sedia Obat Pribadi
Sakit  saat traveling, adalah kemungkinan terburuk yang tidak diinginkan. Tak salah jika siap mengantisipasi hal ini. Sakit sangat riskan ketika melakukan perjalanan sendirian, karena tidak ada teman yang mendampingi memberikan pertolongan. Sangat disarankan untuk tidak lupa membawa obat-obatan pribadi. Terlebih jika menderita alergi atau penyakit khusus yang dapat kambuh.

9. Baca Peta
Membuka peta sah saja Tapi ada baiknya tidak terlalu mencolok ketika membuka peta, agar tidak menyita perhatian. Gunakam smartphone untuk mengunduh aplikasi seperti TripAdvisor, Waze, Google Map, atau aplikasi lainnya yang menyediakan peta offline.

10. Dokumen Pribadi
Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, sebaiknya melengkapi diri dengan dokumen dokumen pribadi yang diperlukan. Jika ke luar negeri otomatis passport dan atau visa harus tersedia, selain itu sebaiknya juga tetap membawa identitas pribadi seperti KTP.

11. Bahasa dan Budaya Lokal
Jika bepergian ke daerah, sebaiknya kuasai bahasa dan budayanya. Misalnya ucapan terima kasih dalam bahasa lokal. Selain itu hal ini juga akan membantu untuk berinteraksi dengan penduduk setempat. Misalnya nanya jalan atau menawar ketika belanja.

12. Tidak Melamun
Melamun bisa mengundang orang lain untuk memanfaatkan kita. Bawalah buku untuk mengisi waktu jika sedang menunggu. Jika ada orang lain di sekitar kita, ajaklah berbicara. Kita bisa mengisi waktu dan menggali informasi dengan cara ini.

13. Lengkap
Siapkan segala macam perlengkapan yang mungkin dibutuhkan, seperti kamera, baju ganti, perlengkapan pribadi, tas yang sesuai. Buatlah cek list untuk menghindari barang yang tertinggal. Dengan rencana yang matang, pergi solo traveling tentu akan lebih menyenangkan.


*******

bagaimana sahabat traveler, siapkan diri anda untuk berpetualang seorang diri . . .



Tidak ada komentar: