Minggu, 05 Oktober 2014

cara hemat menuju Gili Trawangan







dari Lombok bisa di tempuh melalui Pelabuhan Bangsal, namun Anda jangan membayangkan pelabuhan bangsal ini sebesar pelubuhan Tanjung Priok Jakarta atau Tanjung Perak di Surabaya. Sepintas pelabuhan ini seperti pantai biasa yang terdapat beberapa bangku yang biasa digunakan penumpang menunggu keberangkatan kapal menuju Gili Trawangan. Untuk menuju Pelabuhan Bangsal kalau dari senggigi membutuhkan waktu sekitar 40 menit berkendara. Sedang untuk memulai jalan jalan murah ke Gili Trawangan Anda harus menuju Bali.


Gili Trawangan merupakan destinasi utama dari tiga Gili atau pulau yang menawarkan pemandangan sangat eksotis di Lombok, yakni Gili Trawangan sendiri yang merupakan pulau terbesar kemudian terdapat dua gili lagi yaitu Gili Air dan Gili Meno. Di pulau Gili Trawangan nuansa pestanya kental terasa dari pada Gili Air dan Gili Meno. Di daerah ini wisatawan lokal maupun mancanegara saling beradu ketangkasan main diving dan snorkeling serta berselancar dan bermain kayak.


Untuk menuju Gili Trawagan kalau dari lombok bisa ditempuh melalui Pelabuhan Kodek dan Pelabuhan Bangsal. Sedang untuk menikmati pulau yang sangat cantik ini wisatawan haruslah menjelajah dengan jalan kaki atau sepeda ghoes yang banyak disewakan penduduk setempat, karena di zona pulau yang memiliki panorama alam sangat indah ini oleh pemerintah setempat tidak diberi izin untuk kendaraan bermotor. pastinya Anda bisa membayangkan selain kejernihan airnya tentunya udara di daerah ini juga bebas polusi.


DARI LOMBOK KE GIRI TRAWANGAN ;

Kalau Anda berniat mengunjungi Gili Trawangan dari Lombok dengan ongkos murah meriah, Anda bisa menggunakan taksi atau sejenisnya menuju Pelabuhan Bangsal ini. Namun taksi yang anda tumpangi tidak diperbolehkan memasuki pelabuhan, biasanya wisatawan akan diturunkan di terminal yang berjarak sekitar 300 meter dari pelabuhan. Untuk menuju pelabuhan Anda bisa berjalan kaki, tapi kalau bawaan Anda membebani perjalanan, Anda bisa sewa kereta Cidomo (Andong, Dokar) yang banyak mangkal di sekitar terminal yang oleh masyarakat setempat biasa disebut Stasiun.


HARGA TIKET KAPAL ;

Ongkos kapal dari pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan sekitar Rp 18 ribu/orang, namun Anda mesti banyak bersabar, karena kapal yang biasa dipergunakan transportasi utama penduduk setempat menuju Gili Trawangan ini baru berangkat setelah penumpangnya penuh, rata rata kapal disana kecil berkapasitas sekitar 20 penumpang. Solusinya kalau Anda termasuk orang yang tidak sabaran dan berangkatnya rombongan bisa sewa perahu yang mangkal disekitar Pelabuhan dengan ongkos sekitar Rp 250ribu sekali jalan. Tentunya ini adalah alternatif cara hemat ke Gili Trawangan yang bisa Anda pertimbangkan, maka sebaiknya kalau mau jalan jalan ke sana memang lebih murah kalau rombongan.



YANG HARUS DI PERHATIKAN DI PELABUHAN BANGSAL ;

Pelabuhan Bangsal ini memang dikenal salah satu pelabuhan termurah menuju Gili Trawangan. Karena sebenarnya pelabuhan ini adalah pelabuhan reguler yang menyediakan layanan angkutan laut untuk penduduk dari senggigi menuju Gili Trawangan. Sering terdengar keluhan terjadi penipuan yang dilakukan penghuni Pelabuhan kecil ini yang menimpa wisatawan, khususnya wisatawan Asing yang biasanya langsung disong song kelompok tersebut begitu turun dari kendaraan. Sebaiknya Anda hati hati bila menemui orang semacam ini. Kalau Anda mau nyaman dan aman alternatifnya bisa naik kapal menuju Gili Trawangan dari pelabuhan Teluk Kodek. Tentunya ongkosnya lebih mahalan seperti carter kapal dari pelabuhan Bangsal tersebut. pelabuhan Teluk Kodek ini adalah pelabuhan utama fast boat dari Bali yang menuju Gili Trawangan dan Lombok.



HOTEL MURAH DI GILI TRAWANGAN ;

Sebagai destinasi utama di pulau Lombok, Pulau Gili Trawangan sudah dilengkapi hotel berbintang mulai dari bintang 1 hingga bintang 5. Rata rata penginapan dari jenis bungalo dan resort maupun hotel di pulau ini termasuk harga tinggi, namun Anda tidak usah kawatir karena dalam perburuan harga murah untuk penginapan di Gili Trawangan masih ditemukan hotel bintang 2 yang memberi diskon harga untuk wisatawan permalammya hanya Rp 289 ribu.



Tidak ada komentar: